IMLEMENTASI
NILAI PANCASILA DALAM PEMAHAMAN
MAHASISWA
Univrsitas
Islam Nahdlatul Ulama’Jepara (UNISNU Jepara)
Dosen
Pengampu: Hamidahturrohmah,S.Psi.,M.Pd.
Hanik Nailatul K ( 22133001122)
Amiratul
Naafi ( 221330001124)
PROGAM
STUDI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NAHDALTULULAMA JEPARA
TAHUN
AKAMEDIK 2022/2023
PENDAHULUAN
Yang dimaksud dengan
mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi.Takwin (2008)
mengatakan bahwa mereka yang terdaftar sebagai mahasiswa adalah mereka yang
berpendidikan tinggi bisa disebut mahasiswa. (Salim, 2002) menyebutkan bahwa
mereka adalah mahasiswa Orang yang terdaftar dan belajar di universitas.
(Badudu, 2002) juga mendefinisikan mahasiswa sebagai mahasiswa universitas.
Sukirman (Hulu, 2010).
Menyatakan bahwa siswa
adalah dan memiliki mahasiswa Orang dewasa mengembangkan emosi, psikologis,
fisik,kemandirian, dan banyak lagi. Di samping itu Mahasiswa dalam Peraturan
Pemerintah RI No. 30 Tahun 1990 adalah mahasiswa yang mendaftar dan belajar di
universitas tertentu. Menurut Piaget (hulu, 2010), kapasitasSeorang individu
kognitif berusia 18 tahun telah mencapai tingkat fungsional formal ini
Memberdayakan individu untuk memecahkan masalah kapasitas yang kompleks
berpikir abstrak, logis dan rasional.Kita dapat mengamati bahwa banyak pelajar
dan generasi muda yang rusak moralnya berbagai faktor seperti teman, lingkungan
dan teknologi saat ini berkembang pesat Kondisi saat ini sangat membutuhkan
perhatian demi kepentingan generasi anak muda adalah generasi penerus yang akan
mendukung negara Indonesia. Saya di era globalisasi, Indonesia perlu lebih
menekankan hal ini agar bangsanya dapat mewujudkan hal tersebut Nilai-nilai
pancasila setiap hari karena akan datang generasi penerus bangsa harus bisa
meneladani dan mengajarkan nilai-nilai luhur lainnya Instruksi kepada
masyarakat Indonesia setiap saat.Pendidikan pancasila harus diajarkan kembali,
khususnya kepada masyarakat umum hidup di saat ini. Banyak yang tidak mampu
menerapkan nilai-nilai pancasila pada penampilan.Hidup seperti bercampur dengan
budaya langsung barat. Jiwa Interaksi sosial satu sama lain dalam ruang
terbatas berkurang dan digantikan oleh keberadaan teknologi baru dimana mereka
lebih mengkhawatirkan kehidupan di dunia maya (Judistira,2016).
Menurut (Nurizka, 2020)
Pancasila yang merupakan jati diri masyarakat Indonesia yang memiliki ciri khas
dan kekhsanahan pribadi bangsa. Kepribadian bangsa dari niai-nilai luhur
Pancasila bangsa Indonesia perlu dilestaikan dengan mewariskan karakter
Pancasila kepada generasi muda sebagai pedoman hidup. Tempat untuk mewariskan
karakter tersebut salah satunya adalah melalui dunia pendidikan. Pendidikan di
Indonesia memiliki beberapa jenjang salah satunya ialah jenjang sekolah dasar,
dimana jenjang sekolah dasar ini merupakan awal untuk menerapkan nilai nilai
Pancasila dalam proses pembelajaran dan semua aspek lainnya sehingga dapat
mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dari setiap sila dalam pendidikan sekolah
dasar.
PEMBAHASAN
Peran
Mahasiswa dalam mempertahankan ideologi pancasila
Pancasila memainkan peran
penting dalam mempromosikan nasionalisme dan patriotisme di Indonesiadi
kalangan generasi muda. Semua tindakan dan tindakan harus selalu dibenarkanNilai
Pancasila. Pancasila yang memiliki lima aturan yang saling terkait menghidupkan
dan menyegarkan serta menunjukkan satu kesatuan yang utuh, memiliki makna yang
sangat dalammenjadi dasar sikap, tindakan dan perilaku. Tantangan yang
berbeda.Banyak orang Indonesia yang berpengalaman tidak menggantikan ideologi
Pancasila meruntuhkan keyakinan kita bahwa ada pancasila yang cocok sebagai
dasar negara dan negaraideologi sejati di Indonesia.Pancasila dijadikan sebagai
acuan bagi generasi muda dalam hal tingkah laku, perbuatan, dan tutur
kata.Kata-kata yang sesuai dengan standar pancasila. Kita sering mendengar
protesYang dilakukan mahasiswa adalah anarkis atas nama memperjuangkan
rakyat.Terakhir, penghancuran fasilitas pemerintah, pembakaran mobil, dan
lain-lain. Juga Ada banyak kerusuhan di pertandingan sepak bola yang
diselenggarakan oleh suporter Setiap tim tidak senang dengan kekalahan tim
mereka. Dan juga pertempuran Mahasiswatetap eksis di tengah masyarakat
Indonesia.Dan mahasiswa protes karena ingin merubah urutan yang salahatau
ketidaksetujuan terhadap kebijakan yang diusulkan oleh pemerintah Assesseetidak
selaras dengan manusia, keadilan dan lain-lain. Para siswa ingin membela
orang-orang Karena cinta untuk bangsanya sendiri. Andai saja perasaan cinta
diungkapkan dengan benarmaka bukan kerusuhan yang benar-benar
menakutkanMasyarakat, lalu promosikan nilai kesadaran pancasila di kalangan
generasi muda yanegara yang bersangkutan juga sepatutnya harus mengungkapkan
aturan ataunorma-norma yang berlaku dalam masyarakat, khususnya norma-norma
pancasila.Menurut Pancasila, nasionalisme kita harus menjadi pandangan hidup
dan landasanNegara dan ideologi negara, sehingga bentuk nasionalisme kita
bukanlah nasionalismenasionalisme yang sempit tetapi luas. Cinta untuk
bangsanya sendiri, tapi tetap sajaMenghormati bangsa lain. Kami tidak menolak
budaya asing, tapi kami juga tidak menerimanyabudaya yang sama sekali asing.
Anda harus terbiasa dengan semua budaya yang datang ke negara kitaMenyaring
dengan nilai-nilai pancasila.Maka disinilah peran generasi muda dalam
membesarkan pancasila di tengah-tengah biarlah api kebencian dan perselisihan,
yang mungkin membakar rumah rakyat Menghadapi dingin. Pancasila harus dijadikan
sebagai poros identitasTerkena ancaman dan identitas berbeda yang ditawarkan
dari luar. Sangat disesalkanjika nilai pancasila pada generasi muda belakangan
ini sedang menurun. Mempertimbangkan berbagai kemungkinan Di sana terkandung
nilai yang sangat penting, yaitu nilai kesadaran pancasila di kalangan generasi
mudaitu harus muncul kembali, dihidupkan kembali dan terus-menerus diperiksa
agar statistiknya berlanjutzaman dialektis yang bergulir.Dalam keadaan seperti
ini, Pancasila tampak rapuh posisinya sebagai landasandan ideologi negara. Oleh
karena itu, generasi muda harus dipahami sebagai penggerak bangsaPeran
pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara semakin
ditekankanperkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukanapa
yang diperlukan untuk mencapai status, pemahaman tentang partisipasi,
persepsiPeran Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.
di sana,bagaimana meningkatkan nilai kesadaran pancasila di kalangan generasi
muda
Untuk menggunakan
Pancasila, siswa harus memahami Pancasiladengan mengikuti kursus pendidikan
politik, peran yang dapat dimainkan:lakukan para siswa dalam implementasi
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegaranegara bagian adalah sebagai
berikut:
1.
Transmisi nilai-nilai ideal Pancasila kepada generasi muda di kalangan mereka.
2.
Bekali diri dengan pelatihan yang berlandaskan Pancasila.
3.
Memperkuat jati diri sebagai bangsa.
4.
Memperkuat nilai-nilai etika dan nasionalisme generasi muda.
5.
Partisipasi dalam pengentasan kemiskinan dan pendidikan.
Keterlibatan mahasiswa dalam organisasi
kampus dapat mengembangkan ilmu pengetahuan Dalam ranah moral dan sosial,
lahirlah peserta didik yang berpandangan kritis terhadap masalah-masalah
intelektual yang mampu menghasilkan ide dan gagasan baru yang positif,Prinsip
keempat refleksi yang dipandu kebijaksanaan dapat diterapkan dalam organisasi Para
siswa juga mendapatkan kebijaksanaan dalam refleksi dan representasi Bersiaplah
untuk menjadi seorang pemimpin. Mampu memelihara dan mengamalkan Pancasila Para
siswanya harus bisa menerima mata kuliah pendidikan Pancasila sebagai
PancasilaI deologi juga dapat memberikan pedoman industri, prinsip dan arahan
normatif Kehidupan bernegara, mahasiswa kita memiliki sejarah yang sangat
berpengaruh untuk kemajuan bangsa dan negara.Mahasiswa adalah pelopor terbesar
dalam perubahan sistem ketatanegaraan di IndonesiaIndonesia, maka dari itu
mahasiswa saat ini diharapkan mampu mengimplementasikan Pancasilatelah menjadi
pandangan hidup masyarakat Indonesia dan memperkokoh apa yang telah ada menyimpang
dari pancasila karena bisa aktif dalam mewujudkan pancasilaSebagai ideologi
bangsa, mahasiswa terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana menerapkan
Pancasila dalam diri merekadalam kehidupan sosial dan akademik.
Peran Generasi muda
sebagai Agent Of Change (agen perubahan)Dalam sebuah organisasi atau
perusahaan, peran agen atau agen perubahanPerubahan tentu bukan kata asing.
Upaya organisasi untuk memperbaharui diriJika ada perubahan lingkungan, hal ini
selalu dibicarakan dalam organisasi. SiapaPerubahan membutuhkan banyak orang
untuk memimpin prosesperubahan yang terjadi dalam organisasi untuk mencapai
tujuan tertentuketika.Pihak yang menginginkan perubahan disebut agen
perubahan;seseorang atau sekelompok orang yang dipercaya sebagai pemimpinatau
beberapa lembaga sosial (Soekanto, 1992:237). fungsi agenPerubahan yaitu:
1.
Katalisator atau titik kontak yang mendorong apa yang dilakukan komunitasUntuk
mengganti
2.
Berikan solusi atau tawarkan solusi, tawarkan solusi dalam solusiterjadi
masalah.
3.
Perlakukan penolong atau tawarkan bantuan sebagai orang yang membantuproses
perubahan
4.
Tautan sumber daya atau sumber seperti kontak untuk sumber diperlukan untuk
memecahkan masalah yang terjadi.
Masa depan Indonesia ada
di tangan generasi muda, yaitu. setiap pemuda menjadi faktor penting yang
diunggulkan oleh negara Indonesia dalam pelaksanaannya aspirasi bangsa. Peran
Generasi Muda sebagai Agen Perubahan atau Agent of Change faktor terpenting
dalam pembangunan bangsa itu sendiri adalah apakah negara itu baik atau buruk
Hal ini tercermin dari kualitas keturunannya, karena keturunan adalah penerus
dan Pewaris kekayaan bangsa. Dalam formulasi Havelock (1973) Agen perubahan
adalah orang yang membantu membawa perubahan sosial atau inovasi berencana
(Nasution, 1990: 37) Di tengah era globalisasi dengan suasana politik yang
tidak semurah sekarang, jadi peran generasi muda disini sama Diperlukan agen
perubahan. Agent of change atau agen perubahan memimpin masyarakat untuk
berubah Sistem sosial Agen perubahan terlibat langsung dalam hal ini tekanan
untuk melakukan perubahan. Mungkin bahkan bersiap-siap Perubahan lembaga sosial
lainnya. Cara Mempengaruhi masyarakat melalui sistem yang terorganisir dan
terencana disebut rekayasa sosial atau sering juga rekayasa rekayasa sosial.
(Soekarno, 1992: 273). Generasi muda harus jujur dalam pembangunan bangsa,
bermoral, berwawasan kebangsaan, berdaya saing, berilmu dan cakap beradaptasi
dengan teknologi agar dapat bersaing secara global. Perjalanan panjang
Indonesia hingga kini tak lepas dari warna generasi muda yang peduli terhadap
bangsa dan negaranya. Menyukai pidato ir Soekarno "Beri aku sepuluh anak
muda dan aku akan mengguncang dunia", Pidato itu menyampaikan pesan yang
sangat dalam yang sangat dibutuhkan negara ini Bergerak dan berubah anak muda.
Apalagi di milenium ini Dengan kata lain, perkembangan teknologi telah membawa
kaum muda ke dalam dunia yang menuntut dapat menghibur generasi muda di era
milenial ini dengan menawarkan Pergerakan Rakyat Indonesia Maju. Generasi muda
memiliki beberapa peran, yaitu:
1.
sebagai agen berkembang atau berevolusi. Kaum muda memiliki perannya sendiri di
sini melaksanakan berbagai pekerjaan pembangunan di berbagai daerah.
2.
Generasi muda sebagai agen modernisasi atau pembaharuan. Seorang pria muda
Indonesia berperan sebagai pemelihara identitas nasional.
Pentingnya
Pancasila bagi siswa
Pancasila adalah ajaran,
gagasan, dan keyakinan sebagai acuan perilaku sosial masyarakat Indonesia di
berbagai lingkungan hidup Baik itu politik, ekonomi, hukum,Tahanan keamanan
(Hankam), sosial, budaya,Agama, juga pendidikan, begitu dalam setiap tindakan
selalu terkait dengan Pancasila sebagai basis. Tapi kami tidak bisa membantu
meninggalkan pemuda ini sebagai generasi penerus orang tidak benar-benar
mengerti akan sekarang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya berarti dan
meresapdalam ideologi kita.Generasi muda adalah generasi penerus Pertempuran
bangsa, jadi sangat diperlukan, apapun yang terjadi ketika mereka menanamkan
nilai-nilai dalam diri mereka nilai-nilai budaya masyarakat yang dianut
menerima ceritanya, mengikuti, membela dan berjuang sepanjang waktu. Nilai yang
relevan adalah itu termasuk dalam ketentuan pancasila, yang meliputi Nilai
ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, cangkang yatan dan Keadilan. Ini bukan proses
sosial Jadi Pancasila menghargai generasi muda dia tidak mengakui nilai-nilai
luhur pancasila, bahkan mengabaikan Jika itu diperbolehkan maka Anda lihat
akibatnya pada generasi muda Ketakutan, gejolak dan gemetar karena
kepribadiannya tidak stabil.Itu sangat berbahaya
keberadaan bangsa
Indonesia karena tidak Ada potensi konflik panjang yang akhirnya putus Juara
dan persatuan bangsa. melalui pancasila berharap menjadi nilai-nilai luhur
Pancasila reputasi bahkan dapat diinternalisasi secara sosial khususnya pada
kepribadian generasi muda siswa dan berkembang dalam diri mereka sikap
demokratis dan analisis kritis untuk menghadapi semua masalah dalam hidup dan
dalam diri Anda sendiri Mewujudkan nilai-nilai Pancasila. UU No 2 Tahun 1989
tentang dari Sistem Pendidikan Nasional Tang dan juga termasuk dalam keputusan
Dirjen Perguruan Tinggi. No.38/DIKTI/Kep/2003, menjelaskan bahwa Pancasila
Tujuan pendidikan menarik perhatian pada moralitas yang diharapkan
memanifestasikan dirinya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu Perilaku yang
memancarkan keimanan dan ketakwaan yang unggul Kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam
masyarakat terdiri dari berbagai kelompok agama, budaya dan berbagai tempat
wisata, Perilaku yang mendukung kewarganegaraan mengutamakan kepentingan bersama
Aspek individu dan kelompok oleh karena itu perbedaannya dan pikiran diarahkan
pada perilaku seperti itu Mendukung upaya untuk mencapai keadilan sosial semua
orang Indonesia.
Mengintegrasikan
nilai-nilai Pancasila
untuk membangun
kepribadian siswa Pancasila di lingkungan Kampus Pembentukan karakter di
perguruan tinggi dapat dilakukan melalui perkuliahan, pelatihan,disertai dengan
pengembangan budaya inklusif pendidikan pancasila yang menanamkan nilai-nilai
karakter dalam perkuliahan tentang pembentukan karakter moral dan etika
mahasiswa dalam pembelajaran,sebagai tindakan pemahaman, pencegahan dan
peningkatan kesadaran untuk mengurangi kekerasan,tawuran, ketidakdisiplinan,
penjiplakan karya ilmiah atau tindakan penjiplakan, menunggu,membutuhkan hasil
akademik yang tinggi tetapi tidak disertai dengan gaya belajar yang rajin sering
kita jumpai dalam kehidupan mahasiswa. Perguruan tinggi adalah agen Pembelajaran
yang menghasilkan kader dan pengikut bangsa, dibutuhkan kemampuan untuk
berkembang dan Mengembangkan nilai-nilai yang dianut oleh bangsa Indonesia yang
mendukung nilai-nilai agama,Pancasila dan nilai-nilai sosial yang berlaku dalam
kehidupan masyarakat Indonesia. kekuatan,Perjuangan, budaya plagiarisme,
perilaku hak tanpa mengindahkan tanggung jawab, dan perilaku tidak jujur Menyelesaikan
tugas merupakan salah satu bentuk pelanggaran nilai yang harus segera dilakukan
dihilangkan dari perilaku mahasiswa sebagai calon peneliti dan calon pembawa
pesan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pengembangan character building di
perguruan tinggi tidak hanya dengan slogan dan slogan yang dikeluarkan oleh
manajemen universitas sudah cukup Dalam bentuk standar, set memiliki nilai token
tetapi memerlukan tindakan Konkrit terkait dengan kehidupan kampus. Universitas
memainkan peran besar Menghasilkan generasi manusia yang menjunjung tinggi
nilai-nilai yang diterima secara umum oleh masyarakat dan tidak bertentangan
dengan standar, aturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. nilai yang
ditetapkan Karakter yang sangat perlu dikembangkan dalam diri siswa adalah
percaya diri,Kreativitas dan pemikiran kritis, etiket sosial yang menjunjung
tinggi etika dan moralitas Sikap dan perilaku disiplin selama pelaksanaan tugas
dan tugas rutin seperti misalnya Murid Diharapkan dapat mendorong dan memotivasi
stat karakter yang baik Pembentukan jati diri mahasiswa yang beretika dan
bermoral sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya Ideologi, norma
agama dan nilai akademik Pancasila terus berkembang Kehidupan Kampus (Observasi
MK Pendidikan Pancasila Undana, 2020)
KESIMPULAN DAN SARAN
Bahwa pelaksanaan siswa
Melawan nilai-nilai pancasila yang sangat baik berarti siswa mampu memahami nilai-nilai
pancasila Nah, jadi nilai – nilai pancasila yang sudah dipahami dapat
dilaksanakan untuk nilai hidupnya adalah sesuatu yang melekat di setiap penting
dalam hidup manusiawi dan relevan perbuatan baik atau buruk seseorang
nilai-nilainya adalah terkandung dalam pancasila nilai ketuhanan, nilai
kemanusiaan nilai-nilai persatuan, nilai-nilai komunitas, dll nilai keadilan.
Nilai-nilai ini akan menjadi menjalani hidup bergandengan tangan setiap hari. Ketika
Anda berjalan Nah, kemudian kepribadian individu tersebut dianggap baik.
Menerapkan’tebakan Pancasila benar dalam kehidupan sosial dan bangsa, juga
diperlukan implementasi yang baik terhadap nilai-nilai Pancasila.Ada cara untuk
memperkuat nilai-nilai pemahaman dan Penerapan Pancasila menunjukkan sikap
positif terhadap Pancasila. sikap positif Sikap terhadap Pancasilalah yang
mengharuskan kita memiliki ideologi yang bersahabat Pancasila Contoh
konfigurasi yang baik yang dapat didemonstrasikan adalah sebagai berikut:
(1) Menerima Pancasila sebagai
dasar negara dan ideologi negara
(2)
Mencoba belajar memahami tujuan Pancasila, nilai-nilai Pancasila
(3) Menyimpan pancasila agar tetap segar
(4) Setiap ideologi, paham, ajaran yang
bertentangan dengan Pancasila
(5) Menegakkan pancasila dalam kehidupan
bangsa dan negara
(6) Loyalitas kepada orang dan negara.
DAFTAR PUSTAKA
Aliyani
Hesti H,Dewi Dinie A.2022.Penerapan
Mahasiswa Dalam Mempertahankan Ideologi
Pancasila Sebagai Dasar Negara.Vol.6 No.1 (2022): Juni 2022 Sinta.
Azzahra,
Putri.2022.Imlementasi Nilai Pancasila
Dalam Pemahaman Mahasiswa.
Alvira,S.Furnamasari,Y.F,Dewi,D.A.2021.Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Generasi
Muda Sebagi Agent Of Change.Vol.5 No.3 (2021): Desember 2021.
Istianah,Anif.Mazid,Sukron.dkk.2021.Integrasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk
Membangun Karakter Pelajar Pancasila Di Lingkungan Kampus. Vol. 19 No. 1
(2021): April.Gatra Nausantara.
Patimah,Siti.Ramadhan,Andika
P.dkk.Penguatan Ideologi Pancasila Di
Kalangan Mahasiswa Dan Masyarakat.Vol.1 No.2 ( 2021): Juni 2021 IJOCE.
Bagus,
Pradhana K, Kadek,Gita.H. D.dkk.2020.Imlementasi
Pancasila Dalam Kehidupan Mahasiswa.Vol.6 No.1 (2020): April 2020.Jurnal
Rontal Keilmuan Pkn.
Yudistira,Y.2016.Akutansi Dan Implementasi Nilai-Nilai
Pancasila Dlam Menumbuh Kembangkan Krakter Bangsa.
Tidak ada komentar: