IMLEMENTASI NILAI PANCASILA DALAM PEMAHAMAN MAHASISWA

 

IMLEMENTASI NILAI PANCASILA DALAM PEMAHAMAN

MAHASISWA

Univrsitas Islam Nahdlatul Ulama’Jepara (UNISNU Jepara)

Dosen Pengampu: Hamidahturrohmah,S.Psi.,M.Pd.


1SDA5

 Hanik Nailatul K ( 22133001122)

Amiratul Naafi ( 221330001124)

  

PROGAM STUDI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NAHDALTULULAMA JEPARA

TAHUN AKAMEDIK 2022/2023


 

PENDAHULUAN

Yang dimaksud dengan mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi.Takwin (2008) mengatakan bahwa mereka yang terdaftar sebagai mahasiswa adalah mereka yang berpendidikan tinggi bisa disebut mahasiswa. (Salim, 2002) menyebutkan bahwa mereka adalah mahasiswa Orang yang terdaftar dan belajar di universitas. (Badudu, 2002) juga mendefinisikan mahasiswa sebagai mahasiswa universitas. Sukirman (Hulu, 2010).

Menyatakan bahwa siswa adalah dan memiliki mahasiswa Orang dewasa mengembangkan emosi, psikologis, fisik,kemandirian, dan banyak lagi. Di samping itu Mahasiswa dalam Peraturan Pemerintah RI No. 30 Tahun 1990 adalah mahasiswa yang mendaftar dan belajar di universitas tertentu. Menurut Piaget (hulu, 2010), kapasitasSeorang individu kognitif berusia 18 tahun telah mencapai tingkat fungsional formal ini Memberdayakan individu untuk memecahkan masalah kapasitas yang kompleks berpikir abstrak, logis dan rasional.Kita dapat mengamati bahwa banyak pelajar dan generasi muda yang rusak moralnya berbagai faktor seperti teman, lingkungan dan teknologi saat ini berkembang pesat Kondisi saat ini sangat membutuhkan perhatian demi kepentingan generasi anak muda adalah generasi penerus yang akan mendukung negara Indonesia. Saya di era globalisasi, Indonesia perlu lebih menekankan hal ini agar bangsanya dapat mewujudkan hal tersebut Nilai-nilai pancasila setiap hari karena akan datang generasi penerus bangsa harus bisa meneladani dan mengajarkan nilai-nilai luhur lainnya Instruksi kepada masyarakat Indonesia setiap saat.Pendidikan pancasila harus diajarkan kembali, khususnya kepada masyarakat umum hidup di saat ini. Banyak yang tidak mampu menerapkan nilai-nilai pancasila pada penampilan.Hidup seperti bercampur dengan budaya langsung barat. Jiwa Interaksi sosial satu sama lain dalam ruang terbatas berkurang dan digantikan oleh keberadaan teknologi baru dimana mereka lebih mengkhawatirkan kehidupan di dunia maya (Judistira,2016).

Menurut (Nurizka, 2020) Pancasila yang merupakan jati diri masyarakat Indonesia yang memiliki ciri khas dan kekhsanahan pribadi bangsa. Kepribadian bangsa dari niai-nilai luhur Pancasila bangsa Indonesia perlu dilestaikan dengan mewariskan karakter Pancasila kepada generasi muda sebagai pedoman hidup. Tempat untuk mewariskan karakter tersebut salah satunya adalah melalui dunia pendidikan. Pendidikan di Indonesia memiliki beberapa jenjang salah satunya ialah jenjang sekolah dasar, dimana jenjang sekolah dasar ini merupakan awal untuk menerapkan nilai nilai Pancasila dalam proses pembelajaran dan semua aspek lainnya sehingga dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dari setiap sila dalam pendidikan sekolah dasar.


 

PEMBAHASAN

Peran Mahasiswa dalam mempertahankan ideologi pancasila

Pancasila memainkan peran penting dalam mempromosikan nasionalisme dan patriotisme di Indonesiadi kalangan generasi muda. Semua tindakan dan tindakan harus selalu dibenarkanNilai Pancasila. Pancasila yang memiliki lima aturan yang saling terkait menghidupkan dan menyegarkan serta menunjukkan satu kesatuan yang utuh, memiliki makna yang sangat dalammenjadi dasar sikap, tindakan dan perilaku. Tantangan yang berbeda.Banyak orang Indonesia yang berpengalaman tidak menggantikan ideologi Pancasila meruntuhkan keyakinan kita bahwa ada pancasila yang cocok sebagai dasar negara dan negaraideologi sejati di Indonesia.Pancasila dijadikan sebagai acuan bagi generasi muda dalam hal tingkah laku, perbuatan, dan tutur kata.Kata-kata yang sesuai dengan standar pancasila. Kita sering mendengar protesYang dilakukan mahasiswa adalah anarkis atas nama memperjuangkan rakyat.Terakhir, penghancuran fasilitas pemerintah, pembakaran mobil, dan lain-lain. Juga Ada banyak kerusuhan di pertandingan sepak bola yang diselenggarakan oleh suporter Setiap tim tidak senang dengan kekalahan tim mereka. Dan juga pertempuran Mahasiswatetap eksis di tengah masyarakat Indonesia.Dan mahasiswa protes karena ingin merubah urutan yang salahatau ketidaksetujuan terhadap kebijakan yang diusulkan oleh pemerintah Assesseetidak selaras dengan manusia, keadilan dan lain-lain. Para siswa ingin membela orang-orang Karena cinta untuk bangsanya sendiri. Andai saja perasaan cinta diungkapkan dengan benarmaka bukan kerusuhan yang benar-benar menakutkanMasyarakat, lalu promosikan nilai kesadaran pancasila di kalangan generasi muda yanegara yang bersangkutan juga sepatutnya harus mengungkapkan aturan ataunorma-norma yang berlaku dalam masyarakat, khususnya norma-norma pancasila.Menurut Pancasila, nasionalisme kita harus menjadi pandangan hidup dan landasanNegara dan ideologi negara, sehingga bentuk nasionalisme kita bukanlah nasionalismenasionalisme yang sempit tetapi luas. Cinta untuk bangsanya sendiri, tapi tetap sajaMenghormati bangsa lain. Kami tidak menolak budaya asing, tapi kami juga tidak menerimanyabudaya yang sama sekali asing. Anda harus terbiasa dengan semua budaya yang datang ke negara kitaMenyaring dengan nilai-nilai pancasila.Maka disinilah peran generasi muda dalam membesarkan pancasila di tengah-tengah biarlah api kebencian dan perselisihan, yang mungkin membakar rumah rakyat Menghadapi dingin. Pancasila harus dijadikan sebagai poros identitasTerkena ancaman dan identitas berbeda yang ditawarkan dari luar. Sangat disesalkanjika nilai pancasila pada generasi muda belakangan ini sedang menurun. Mempertimbangkan berbagai kemungkinan Di sana terkandung nilai yang sangat penting, yaitu nilai kesadaran pancasila di kalangan generasi mudaitu harus muncul kembali, dihidupkan kembali dan terus-menerus diperiksa agar statistiknya berlanjutzaman dialektis yang bergulir.Dalam keadaan seperti ini, Pancasila tampak rapuh posisinya sebagai landasandan ideologi negara. Oleh karena itu, generasi muda harus dipahami sebagai penggerak bangsaPeran pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara semakin ditekankanperkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukanapa yang diperlukan untuk mencapai status, pemahaman tentang partisipasi, persepsiPeran Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara. di sana,bagaimana meningkatkan nilai kesadaran pancasila di kalangan generasi muda

Untuk menggunakan Pancasila, siswa harus memahami Pancasiladengan mengikuti kursus pendidikan politik, peran yang dapat dimainkan:lakukan para siswa dalam implementasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegaranegara bagian adalah sebagai berikut:

1. Transmisi nilai-nilai ideal Pancasila kepada generasi muda di kalangan mereka.

2. Bekali diri dengan pelatihan yang berlandaskan Pancasila.

3. Memperkuat jati diri sebagai bangsa.

4. Memperkuat nilai-nilai etika dan nasionalisme generasi muda.

5. Partisipasi dalam pengentasan kemiskinan dan pendidikan.

    Keterlibatan mahasiswa dalam organisasi kampus dapat mengembangkan ilmu pengetahuan Dalam ranah moral dan sosial, lahirlah peserta didik yang berpandangan kritis terhadap masalah-masalah intelektual yang mampu menghasilkan ide dan gagasan baru yang positif,Prinsip keempat refleksi yang dipandu kebijaksanaan dapat diterapkan dalam organisasi Para siswa juga mendapatkan kebijaksanaan dalam refleksi dan representasi Bersiaplah untuk menjadi seorang pemimpin. Mampu memelihara dan mengamalkan Pancasila Para siswanya harus bisa menerima mata kuliah pendidikan Pancasila sebagai PancasilaI deologi juga dapat memberikan pedoman industri, prinsip dan arahan normatif Kehidupan bernegara, mahasiswa kita memiliki sejarah yang sangat berpengaruh untuk kemajuan bangsa dan negara.Mahasiswa adalah pelopor terbesar dalam perubahan sistem ketatanegaraan di IndonesiaIndonesia, maka dari itu mahasiswa saat ini diharapkan mampu mengimplementasikan Pancasilatelah menjadi pandangan hidup masyarakat Indonesia dan memperkokoh apa yang telah ada menyimpang dari pancasila karena bisa aktif dalam mewujudkan pancasilaSebagai ideologi bangsa, mahasiswa terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana menerapkan Pancasila dalam diri merekadalam kehidupan sosial dan akademik.

Peran Generasi muda sebagai Agent Of Change (agen perubahan)Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, peran agen atau agen perubahanPerubahan tentu bukan kata asing. Upaya organisasi untuk memperbaharui diriJika ada perubahan lingkungan, hal ini selalu dibicarakan dalam organisasi. SiapaPerubahan membutuhkan banyak orang untuk memimpin prosesperubahan yang terjadi dalam organisasi untuk mencapai tujuan tertentuketika.Pihak yang menginginkan perubahan disebut agen perubahan;seseorang atau sekelompok orang yang dipercaya sebagai pemimpinatau beberapa lembaga sosial (Soekanto, 1992:237). fungsi agenPerubahan yaitu:

1. Katalisator atau titik kontak yang mendorong apa yang dilakukan komunitasUntuk mengganti

2. Berikan solusi atau tawarkan solusi, tawarkan solusi dalam solusiterjadi masalah.

3. Perlakukan penolong atau tawarkan bantuan sebagai orang yang membantuproses perubahan

4. Tautan sumber daya atau sumber seperti kontak untuk sumber diperlukan untuk memecahkan masalah yang terjadi.

Masa depan Indonesia ada di tangan generasi muda, yaitu. setiap pemuda menjadi faktor penting yang diunggulkan oleh negara Indonesia dalam pelaksanaannya aspirasi bangsa. Peran Generasi Muda sebagai Agen Perubahan atau Agent of Change faktor terpenting dalam pembangunan bangsa itu sendiri adalah apakah negara itu baik atau buruk Hal ini tercermin dari kualitas keturunannya, karena keturunan adalah penerus dan Pewaris kekayaan bangsa. Dalam formulasi Havelock (1973) Agen perubahan adalah orang yang membantu membawa perubahan sosial atau inovasi berencana (Nasution, 1990: 37) Di tengah era globalisasi dengan suasana politik yang tidak semurah sekarang, jadi peran generasi muda disini sama Diperlukan agen perubahan. Agent of change atau agen perubahan memimpin masyarakat untuk berubah Sistem sosial Agen perubahan terlibat langsung dalam hal ini tekanan untuk melakukan perubahan. Mungkin bahkan bersiap-siap Perubahan lembaga sosial lainnya. Cara Mempengaruhi masyarakat melalui sistem yang terorganisir dan terencana disebut rekayasa sosial atau sering juga rekayasa rekayasa sosial. (Soekarno, 1992: 273). Generasi muda harus jujur dalam pembangunan bangsa, bermoral, berwawasan kebangsaan, berdaya saing, berilmu dan cakap beradaptasi dengan teknologi agar dapat bersaing secara global. Perjalanan panjang Indonesia hingga kini tak lepas dari warna generasi muda yang peduli terhadap bangsa dan negaranya. Menyukai pidato ir Soekarno "Beri aku sepuluh anak muda dan aku akan mengguncang dunia", Pidato itu menyampaikan pesan yang sangat dalam yang sangat dibutuhkan negara ini Bergerak dan berubah anak muda. Apalagi di milenium ini Dengan kata lain, perkembangan teknologi telah membawa kaum muda ke dalam dunia yang menuntut dapat menghibur generasi muda di era milenial ini dengan menawarkan Pergerakan Rakyat Indonesia Maju. Generasi muda memiliki beberapa peran, yaitu:

1. sebagai agen berkembang atau berevolusi. Kaum muda memiliki perannya sendiri di sini melaksanakan berbagai pekerjaan pembangunan di berbagai daerah.

2. Generasi muda sebagai agen modernisasi atau pembaharuan. Seorang pria muda Indonesia berperan sebagai pemelihara identitas nasional.

Pentingnya Pancasila bagi siswa

Pancasila adalah ajaran, gagasan, dan keyakinan sebagai acuan perilaku sosial masyarakat Indonesia di berbagai lingkungan hidup Baik itu politik, ekonomi, hukum,Tahanan keamanan (Hankam), sosial, budaya,Agama, juga pendidikan, begitu dalam setiap tindakan selalu terkait dengan Pancasila sebagai basis. Tapi kami tidak bisa membantu meninggalkan pemuda ini sebagai generasi penerus orang tidak benar-benar mengerti akan sekarang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya berarti dan meresapdalam ideologi kita.Generasi muda adalah generasi penerus Pertempuran bangsa, jadi sangat diperlukan, apapun yang terjadi ketika mereka menanamkan nilai-nilai dalam diri mereka nilai-nilai budaya masyarakat yang dianut menerima ceritanya, mengikuti, membela dan berjuang sepanjang waktu. Nilai yang relevan adalah itu termasuk dalam ketentuan pancasila, yang meliputi Nilai ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, cangkang yatan dan Keadilan. Ini bukan proses sosial Jadi Pancasila menghargai generasi muda dia tidak mengakui nilai-nilai luhur pancasila, bahkan mengabaikan Jika itu diperbolehkan maka Anda lihat akibatnya pada generasi muda Ketakutan, gejolak dan gemetar karena kepribadiannya tidak stabil.Itu sangat berbahaya

keberadaan bangsa Indonesia karena tidak Ada potensi konflik panjang yang akhirnya putus Juara dan persatuan bangsa. melalui pancasila berharap menjadi nilai-nilai luhur Pancasila reputasi bahkan dapat diinternalisasi secara sosial khususnya pada kepribadian generasi muda siswa dan berkembang dalam diri mereka sikap demokratis dan analisis kritis untuk menghadapi semua masalah dalam hidup dan dalam diri Anda sendiri Mewujudkan nilai-nilai Pancasila. UU No 2 Tahun 1989 tentang dari Sistem Pendidikan Nasional Tang dan juga termasuk dalam keputusan Dirjen Perguruan Tinggi. No.38/DIKTI/Kep/2003, menjelaskan bahwa Pancasila Tujuan pendidikan menarik perhatian pada moralitas yang diharapkan memanifestasikan dirinya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu Perilaku yang memancarkan keimanan dan ketakwaan yang unggul Kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat terdiri dari berbagai kelompok agama, budaya dan berbagai tempat wisata, Perilaku yang mendukung kewarganegaraan mengutamakan kepentingan bersama Aspek individu dan kelompok oleh karena itu perbedaannya dan pikiran diarahkan pada perilaku seperti itu Mendukung upaya untuk mencapai keadilan sosial semua orang Indonesia.

Mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila

untuk membangun kepribadian siswa Pancasila di lingkungan Kampus Pembentukan karakter di perguruan tinggi dapat dilakukan melalui perkuliahan, pelatihan,disertai dengan pengembangan budaya inklusif pendidikan pancasila yang menanamkan nilai-nilai karakter dalam perkuliahan tentang pembentukan karakter moral dan etika mahasiswa dalam pembelajaran,sebagai tindakan pemahaman, pencegahan dan peningkatan kesadaran untuk mengurangi kekerasan,tawuran, ketidakdisiplinan, penjiplakan karya ilmiah atau tindakan penjiplakan, menunggu,membutuhkan hasil akademik yang tinggi tetapi tidak disertai dengan gaya belajar yang rajin sering kita jumpai dalam kehidupan mahasiswa. Perguruan tinggi adalah agen Pembelajaran yang menghasilkan kader dan pengikut bangsa, dibutuhkan kemampuan untuk berkembang dan Mengembangkan nilai-nilai yang dianut oleh bangsa Indonesia yang mendukung nilai-nilai agama,Pancasila dan nilai-nilai sosial yang berlaku dalam kehidupan masyarakat Indonesia. kekuatan,Perjuangan, budaya plagiarisme, perilaku hak tanpa mengindahkan tanggung jawab, dan perilaku tidak jujur Menyelesaikan tugas merupakan salah satu bentuk pelanggaran nilai yang harus segera dilakukan dihilangkan dari perilaku mahasiswa sebagai calon peneliti dan calon pembawa pesan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pengembangan character building di perguruan tinggi tidak hanya dengan slogan dan slogan yang dikeluarkan oleh manajemen universitas sudah cukup Dalam bentuk standar, set memiliki nilai token tetapi memerlukan tindakan Konkrit terkait dengan kehidupan kampus. Universitas memainkan peran besar Menghasilkan generasi manusia yang menjunjung tinggi nilai-nilai yang diterima secara umum oleh masyarakat dan tidak bertentangan dengan standar, aturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. nilai yang ditetapkan Karakter yang sangat perlu dikembangkan dalam diri siswa adalah percaya diri,Kreativitas dan pemikiran kritis, etiket sosial yang menjunjung tinggi etika dan moralitas Sikap dan perilaku disiplin selama pelaksanaan tugas dan tugas rutin seperti misalnya Murid Diharapkan dapat mendorong dan memotivasi stat karakter yang baik Pembentukan jati diri mahasiswa yang beretika dan bermoral sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya Ideologi, norma agama dan nilai akademik Pancasila terus berkembang Kehidupan Kampus (Observasi MK Pendidikan Pancasila Undana, 2020)

 

KESIMPULAN DAN SARAN

 

Bahwa pelaksanaan siswa Melawan nilai-nilai pancasila yang sangat baik berarti siswa mampu memahami nilai-nilai pancasila Nah, jadi nilai – nilai pancasila yang sudah dipahami dapat dilaksanakan untuk nilai hidupnya adalah sesuatu yang melekat di setiap penting dalam hidup manusiawi dan relevan perbuatan baik atau buruk seseorang nilai-nilainya adalah terkandung dalam pancasila nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan nilai-nilai persatuan, nilai-nilai komunitas, dll nilai keadilan. Nilai-nilai ini akan menjadi menjalani hidup bergandengan tangan setiap hari. Ketika Anda berjalan Nah, kemudian kepribadian individu tersebut dianggap baik. Menerapkan’tebakan Pancasila benar dalam kehidupan sosial dan bangsa, juga diperlukan implementasi yang baik terhadap nilai-nilai Pancasila.Ada cara untuk memperkuat nilai-nilai pemahaman dan Penerapan Pancasila menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila. sikap positif Sikap terhadap Pancasilalah yang mengharuskan kita memiliki ideologi yang bersahabat Pancasila Contoh konfigurasi yang baik yang dapat didemonstrasikan adalah sebagai berikut:

(1) Menerima Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara

 (2) Mencoba belajar memahami tujuan Pancasila, nilai-nilai Pancasila

 (3) Menyimpan pancasila agar tetap segar

 (4) Setiap ideologi, paham, ajaran yang bertentangan dengan Pancasila

 (5) Menegakkan pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara

 (6) Loyalitas kepada orang dan negara.


 

DAFTAR PUSTAKA

 

Aliyani Hesti H,Dewi Dinie A.2022.Penerapan Mahasiswa Dalam Mempertahankan  Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Negara.Vol.6 No.1 (2022): Juni 2022 Sinta.

Azzahra, Putri.2022.Imlementasi Nilai Pancasila Dalam Pemahaman Mahasiswa.

Alvira,S.Furnamasari,Y.F,Dewi,D.A.2021.Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Generasi Muda Sebagi Agent Of Change.Vol.5 No.3 (2021): Desember 2021.

Istianah,Anif.Mazid,Sukron.dkk.2021.Integrasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila Di Lingkungan Kampus. Vol. 19 No. 1 (2021): April.Gatra Nausantara.

Patimah,Siti.Ramadhan,Andika P.dkk.Penguatan Ideologi Pancasila Di Kalangan Mahasiswa Dan Masyarakat.Vol.1 No.2 ( 2021): Juni 2021 IJOCE.

Bagus, Pradhana K, Kadek,Gita.H. D.dkk.2020.Imlementasi Pancasila Dalam Kehidupan Mahasiswa.Vol.6 No.1 (2020): April 2020.Jurnal Rontal Keilmuan Pkn.

Yudistira,Y.2016.Akutansi Dan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dlam Menumbuh Kembangkan Krakter Bangsa.

 

 

IMLEMENTASI NILAI PANCASILA DALAM PEMAHAMAN MAHASISWA IMLEMENTASI NILAI PANCASILA DALAM PEMAHAMAN MAHASISWA Reviewed by Ahmad muhlis saifullah on Januari 04, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.